oleh

Ratusan rumah warga di kecamatan danau kerinci kabupaten kerinci jambi terendam banjir

Wartacika.id   KERINCI – Ratusan rumah warga di tiga desa Kecamatan Danau kerinci kabupaten Kerinci Jambi terendam banjir sejak rabu sore ( 24/03/2021)hingga malam hari.

 

Tiga desa yang terendam, Desa dusun baru,desa tanjung tanah dan desa simpang empat.

Ketinggian air bervariasi,mulai dari lutut orang dewasa hingga mencapai satu meter.

Salah seorang warga korban banjir menjelaskan volume air saat ini terus bertambah mengingat curah hujan yang masih tinggi.

“Kalau mulai naik volume airnya ini mulai dari sore, sekitar jam 15.30 WIB. Tapi untuk hujannya sudah dari sepekan,” kata zakaria salah seorang warga korban banjir.

 

Ia menambahkan selain akibat diguyur hujan, banjir tersebut juga disebabkan akibat meluapnya aliran kali di sekitar perumahan karena tidak bisa menampung debit air. Akibatnya aliran air kali itu masuk ke wilayah perumahan warga dan kiriman dari hulu sungai ambai dan cupak.

 

Baca Juga:  Bupati Adirozal Pimpin apel siaga darurat bencana banjir dan tanah longsor Kabupaten Kerinci tahun 2020

“Kemungkinan banjir yang terjadi akibat tingginya intensitas hujan dan air ini dari aliran sungai, soalnya saya lihat airnya itu meluap sangat besar dan tanggulnya juga tidak kuat menahan air,” katanya.

 

Ia mengungkapkan bahwa banjir tersebut sudah merendam sekitar ratusan rumah warga di tiga desa, namun, lanjut dia yang paling parah terendam itu di desa simoang empat tanjung tanah  hingga ketinggian airnya mencapai satu meter.

“Yang terendam di perkirakan ratusan rumah namun belum di pastikan berapa totalnya,tapi yang paling parah ada di desa simpang empat tingginya sampai 1 meter,” kata dia.

 

Ia berharap, kepada Pemerintah kabupaten kerinci segera memberi bantuan serta meminta agar segera memperbaiki saluran kali, karena selama ini menjadi penyebab terjadinya banjir.

Dan hingga saat ini aparat keamanan,Tni dan Polri serta warga terus berjaga jaga di lokasi banjir mengingat curah hujan yang masih tinggi dan waspada debit air yang terus bertambah.

Baca Juga:  Tingkatkan Kapasitas & Kualitas Aparatur Pemerintah, 50 Peserta Ikuti Bimtek Bersama PPKPD

 

“Saya berharap sih, pemerintah setempat untuk segera memperbaiki aliran kali itu, karena selama ini penyebab banjir ya dari situ. Dan setiap tahunya pasti saja terjadi banjir,”pungkasnya.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT